6 TEMPAT MELIHAT HEWAN LANGKA INDONESIA

Wilayah Indonesia memiliki beragam kekayaan flora dan fauna yang sangattinggi sehingga oleh beberapa pihak wilayah Indonesia sering disebut dengan istilah "Mega biodiversity" atau "Keanekaragaman mahluk hidup yang tinggi". Kekayaan mahluk hidup Indonesia menduduki peringkat ketiga setelah Brasil dan Republik Demokratik Kongo.Meskipun demikian Guinness World Records pada tahun 2008 pernah mencatat rekor Indonesia sebagai negara yang paling kencang laju kerusakan hutannya di dunia.
Kekayaan flora dan fauna Indonesia tak perlu dipertanyakan lagi. Berbagai spesies flora Indonesia terbentang dari Barat hingga Timur Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki hewan khas masing-masing yang kini keberadaannya semangkin berkurang akibat pemburuan liar dan semakin berkurangnya habitat asli mereka. Walaupun demikian, Kamu masih dapat melihat hewan langka Indonesia dengan mengjungi tempat-tempat dibawah ini.

Berikut 6 tempat melihat hewan langka Indonesia yang dapat kamu kunjungi.

1. Taman Nasional Komodo

Terletak di antara Pulau Sumbawa dan Pulau Flores atau tepatnya berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia, Taman Nasional Komodo yang terdiri dari tiga pulau besar yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar adalah rumah bagi hewan langka Indonesia yang dapat kamu lihat keberadaannya.
Kawasan ini ditetapkan sebagai Taman Nasional Komodo pada tanggal 6 Maret 1980 dan dinyatakan sebagai Cagar Manusia dan Bioster pada tahun 1977 dan juga sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991 untuk melindungi hewan Komodo yang terancam punah dan habitatnya serta keanekaragaman hayati di dalamnya. Menurut data dari UNESCO, Saat ini terdapat sekitar 2.793 ekor komodo yang tersebar di kawasan Taman Nasional Komodo.

2. Taman Nasional Tanjung Puting

Tempat untuk melihat hewan langka Indonesia selanjutnya adalah di Taman Nasional Tanjung Puting yang terletak di Semenanjung barat daya, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah.Kawasan ini merupakan salah satu ekowisata orangutan paling terkenal di Indonesia.
Dikawasan ini dihuni oleh sekitar 38 jenis mamalia yang tujuh diantaranya adalah hewan langka Indonesia yang masih dapat kamu kunjungi dan lihat yaitu Orangutan Kalimantan (Pongo Pygmaeus), Bekantan (Nasalis larvatus), Owa Kalimantan (Hylobates agilis) dan Beruang Madu (Helarctos malayanus).

3. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Untuk dapat melhat hewan langka Indonesia seperti badak, gajah atau Harimau Sumatera yang kini terancam punah, Kamu dapat mengunjungi Taman Nasional Bukit Barisan Selatan untuk melihatnya secara langsung di alam. Terletak di Provinsi Lampung, Provinsi Bengkulu dan Provinsi Sumatra Selatan, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan ditujukan untuk melindungi hutan hujan tropis Pulau Sumatra beserta kekayaan alam yang dimilikinya sehinga UNESCO menjadikan kawasan ini sebagai Warisan Dunia.
Saat ini, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan merupakan rumah bagi tiga jenis mamalia besar yang terancam punah keberadaannya di dunia. Gajah Sumatra hanya tersisa 2.000 ekor saja, Badak Sumatra dengan populasi global secara keseluruhan hanya tersisa 300 ekor sedangkan Harimau Sumatra hanya menyisakan 400 ekor saja.

4. Taman Nasional Batimurung - Bulusaraung


Jika Kamu ingin melihat aneka jenis kupu-kupu langka, Taman Nasional Batimurung - Bulusaraung adalah tempatnya. Terletak di Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Provinsi Sulawesi Selatan Indonesia.
Selain kamu dapat melihat kawasan istana kupu-kupu, Di Taman Nasional Batimurung - Bulusaraung, kamu juga dapat melihat keindahan alam berupa kast, gua-gua dengan stalaknit dan stalakmit yang indah, lembah bukit kapur yang menawan dengan vegetasi tropis, air terjun dan gua yang merupakan habitat spesies berbagai jenis kupu-kupu.

5. Taman Nasional Sebangau

Hewan Langka Indonesia yang bernama latin Arctic binturong ini masih dapat kamu temukan keberadaannya di Taman Nasional Sebangau yang terletak di Kabupaten Katingan, Kabupaten Pulang Pisau dan Kota Palangka Raya di Provinsi Kalimantan Tengah.
Berdasarkan Red List IUCN, Binturung termasuk ke dalam hewan dengan status vurnerable atau rentan akibat adanya penurunan jumlah populasi termasuk diburu untuk diambil kulitnya yang berbulu lebat serta untuk dimanfaatkan bagian tubuhnya sebagai obat tradisional.
Ancaman lainnya juga datang dari kerusakan di hutan-hutan wilayah tropis sebagai akibat pembalakan serta hancurnya hutan yang mengakibatkan semakin berkurangnya hewan langka Indonesia, Binturung sehingga populasinya semakin hari terus berkurang.

6. Desa Liang Ndara dan Wae Sano

Tempat melihat hewan langka Indonesia selanjutnya adalah dengan mengunjungi Desa Liang Ndara dan Desa Wae Sano yang terletak di Bentang Alam Mbeliling, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Tempat ini dapat menyuguhkan 152 jenis burung, termasuk empat burung endemik Indonesia yang terancam punah yakni Serindit Flores, Kehicap Flores, Gagak Flores dan Celepuk Flores.
Selain dapat melihat keberadaan burung langka Indonesia, Di tempat ini kamu juga dapat menikmati keindahan alamnya yang masih alami sambil trekking ke puncak Gunung Mbeliling tempat populasi Burung Langka Indonesia ini berada.


0 Response to "6 TEMPAT MELIHAT HEWAN LANGKA INDONESIA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel