8 piramida tertua di dunia

Dalam sejarah kontruksi bangunan, Piramida telah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu oleh bangsa Mesir Kuno sebagai makam raja-raja dan sarana ibadah serta sebagai tempat penimbunan pangan untuk persiapan menghadapi musim paceklik ataupun tempat penyimpanan harta.
Meskipun orang-orang Mesir Kuno diprediksikan sebagai pembuat bangunan piramida pertama, Namun Mesir Kuno bukanlah satu-satunya budaya kuno yang membangun struktur seperti itu karena pada kenyataannya orang-orang Mesopotamia membangun struktur piramida paling awal yang disebut Ziggurat.
Piramida di Mesir paling awal yang diketahui ditemukan di Saqqara, barat laut Memphis. meskipun setidaknya satu struktur mirip piramida telah ditemukan di Saqqara berasal dari Dinasti ke-1, Mastaba 3808 yang dikaitkan dengan masa pemerintahan Firaun Anedjib dengan prasasti dan sisa-sisa arkeologis lain dari periode tersebut, menunjukkan mungkin ada yang lain. Yang paling awal diantara piramida tertua di dunia dibawah ini adalah Piramida Djoser yang dibangun antara 2630 - 2610 SM selama Dinasti Ketiga. Kecuali Piramida Caral di Peru, Delapan Piramida Tertua di Dunia dibawah ini semuanya berlokasi di Mesir.

Piramida Mesir paling terkenal di dunia adalah yang ditemukan di Giza, Piramida Agung Giza di pinggiran kota Kairo, Mesir. Beberapa Piramida Giza di antara struktur terbesar yang pernah dibangun adalah satu-satunya dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno yang masih ada hingga hari ini.

Berikut 8 piramida tertua di dunia yang pernah ditemukan yang kami lansir dari laman oldest.org.

8. Piramida Menkaure - 2490 SM

Piramida Menkaure adalah salah satu piramida tertua di dunia yang terkecil dari tiga piramida utama di Giza. Piramida ini dibangun pada abad 2490 SM sebagai makam untuk Menkaure, Fir'aun keenam dinasti ke-4. Kontruksi piramida ini ditinggalkan setelah Menkaure meninggal, Namun kemudian dilanjutkan kembali pembangunannya oleh penerus Shepseskaf.

Salah satu fitur paling mencolok dari piramida ini adalah adanya luka besar di sisi utara piramida akibat ingin dihancurkannya piramida ini oleh Sultan Ayyubiyah kedua, al-Malek-al-Aziz pada abad ke-12.

7. Piramida Khafre - 2520 SM

Piramida tertua di dunia selanjutnya adalah Piramida Khafre yang dibangun pada abad 2520 SM yang dibangun oleh Khafre, putra Khufu. Piramida yang merupakan salah satu ikon Mesir ini dibangun di atas fondasi batuan dasar untuk memberinya ilusi bahwa piramida Khafre lebih tinggi daripada Piramida Besar.


Selain itu, komplek kamar mayat Khafre lebih rumit daripada kompleks khufu. Contoh paling menonjol dari patung yang dibangun di sekitar Piramida Khafre adalah Great Sphinx of Giza yang secara luas dibangun bersamaan karena kuilnya sangat mirip dengan kuil mayat di Piramida Khafre.

6. Piramida Agung Giza - 2580 - 2560 SM

Piramida Agung Giza adalah piramida paling terkenal di dunia dan merupakan yang terakhir dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno. Piramida yang didirikan antara tahun 2580 - 2560 SM oleh Firaun Khufu, putra Sneferu merupakan struktur buatan tertinggi manusia selama lebih dari 3.800 tahun hingga Menara Eiffel selesai dibangun pada tahun 1889.


Meskipun Piramida Agung Giza telah dipelajari secara teliti oleh para ilmuwan selama bertahun-tahun namun tetap menjadi misteri hingga hari ini. Beberapa teori telah diajukan selama bertahun-tahun dan salah satu kepercayaan paling populer adalah bahwa piramida ini dibangun oleh para budak, sementara teori lainnya mengatakan bahwa piramida ini dibangun oleh orang-orang Mesir yang disewa atas ketrampilannya dengan mendapatkan upah atas upaya mereka.

5. Piramida Merah - 2600 SM

Piramida Merah yang dikenal juga sebagai Piramida Utara adalah Piramida Sneferu ketiga terbesar di Mesir yang dibangun pada tahun 2600 SM di Dashur Necropolis, Mesir. Piramida ini mendapatkan nama modern dari batu kapur merah yang terungkap sebagai cashing batu kapur putih yang dihapus untuk membangun kota Kairo. Beberapa blok batu kapur putih tetap dan memiliki prasasti yang menghubungkan piramida dengan Sneferu. Saat ini Piramida Merah terbuka untuk para turis sepanjang tahun.

4. Piramida Bengkok - 2600 SM


Piramida Bengkok adalah piramid kedua yang dibangun oleh Sneferu dan upaya pertama orang Mesir dalam membangun piramida. Para arkeolog percaya bahwa penggeseran sudut dekat bagian atas piramida disebabkan oleh tanda-tanda ketidakstabilan struktural selam kontruksi. Perubahan sudut ini menjadikan penampilan piramida berbentuk bengkok. Fitur unik lain dari piramida ini adalah bahwa sebagian besar bagian kapur luar piramida tetap utuh hingga hari ini.

Piramida yang dibangun pada tahun 2600 SM yang terletak di Dashur Necropolis, Mesir ini juga menampung dua kamar penguburan dengan masing-masing pintu terpisah yang merupakan fitur piramida yang tak biasa. Meskipun bagian dalam piramida ini tertutup untuk umum, tangga kayu besar dibangun untuk kenyamanan para wisatawan karena ada rencana untuk membukanya.

3. Piramida Meidum - 2600 SM


Piramida Meidum yang sekarang dikenal sebagai Piramida Runtuh adalah salah satu piramida tertua di dunia yang dibangun pada tahun 2600 SM di Meidum, Mesir yang diyakini sebagai piramida kedua yang dibangun beberapa saat setelah Djoser. Piramida ini telah mendapatkan semua nama panggilan selama bertahun-tahun karena tidak banyak lagi struktur yang tersisa.

Pada abad ke-15 hanya lima langkah yang terisisa dan pada saat ini sudah tidak lagi menyerupai bentuk piramida lagi. Meskipun arkeologi tidak yakin, mereka berpikir bahwa kontruksi piramida mungkin telah dimulai oleh Huni. tetapi diselesaikan oleh Sneferu. Ketidakstabilan piramida mungkin disebabkan oleh semua modifikasi yang dibuat pada saat dibangun

2. Piramida Caral - 2627 SM

Kota Piramida Caral kontemporer dengan piramida pertama Mesir dan Peradaban Norte Chico yang menghuni kota ini adalah peradaban pertama yang dikenal di Amerika. Caral adalah ibukota peradaban Norte Chico yang merupakan kota metropolitan dengan praktik pertanian yang rumit, kuil, amfiteater, cekungan bundar cekung, area perumahan dan enam struktur piramida besar.

Piramida yang dibangun pada 2627 SM di Caral, Supe Valley, Peru ini pertamakali ditemukan pada tahun 1948. Baru pada tahun 1970-an para arkeologi menyadari bahwa bukit-bukit alami di daerah ini adalah komplek piramida. Sejak saat itu situs ini digali dan dipelajari secara ekstensif dan dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2009.

1. Piramida Djoser - 2667 - 2648 SM

Piramida Djoser adalah piramida tertua di dunia yang dibangun antara 2667 - 2648 SM di Saqqara Necropolis, Mesir. Piramida ini dibangun untuk Djoser, Raja pertama Dinasti Ketiga Mesir oleh Imohtep, wazir Djoser.

Imohtep ingin membangun sebuah makam agung bagi rajanya dan memutuskan untuk menumpuk mastabas, struktur beratap datar dengan sisi miringdi atas satu sama lain untuk menciptakan piramida langkah pertama. Piramida adalah kompleks kamar mayat besar yang mencakup dinding batu kapur tersembunyi, kuil dan patung Raja Djoser.

Piramida pertama Mesir yang dibangun ini terdiri dari beberapa mastaba yang disusun bertumpuk. Piramida Of Djoser pada masa itu memiliki tinggi 62 meter dan diselubungi oleh marmer putih. Piramida bertingkat atau proto-piramida dianggap sebagai bangunan baru berskala besar pertama yang dibangun di dunia.


0 Response to "8 piramida tertua di dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel