CARA CERDAS MENDIDIK ANAK MENJADI PEMBERANI

Cara Membuat Anak Berani. - Memiliki anak-anak yang memiliki percaya diri dan pemberani, tentunya merupakan harapan setiap orangtua. Menjadikannya sosok berani mengungkapkan serta mengatasi permasalahan sosialnya terutama di sekolah, tentu harus diajarkan sejak usia usia dini.
Apabila tidak dilakukan tentu memungkinkan anak akan menjadi sosok tidak percaya diri kelak.
Tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi, lalu bagaimana cara mendidik anak agar tidak cengeng dan berani?. Simak ulasan cara cerdas mendidik anak agar menjadi pemberani.

1. MINTA ANAK UNTUK MENGAJARI ANDA SESUATU

Meminta anak-anak berbagi pengetahuan mereka kepada Anda, memungkinkan mereka akan percaya bahwa dirinya mengetahui sesuatu yang orangtua tidak ketahui. Seperti contoh, permainan anak-anak di sekolah.

Dorong anak untuk mengajarinya kepada Anda, dengan begitu akan memancing rasa percaya diri buat anak berani. Langkah melatih mental anak untuk berani dan percaya diri dengan metode seperti ini dapat dimulai sejak anak usia dini.

2. BERI PENGHARGAAN

Pujian atau penghargaan adalah salah satu yang memungkinkan Anda kasih kepada anak-anak ketika mereka mencapai sesuatu. Penghargaan tidak harus berupa medali, ataupun uang, ucapan atau kalimat pujian maka anak-anak tentu akan bereaksi dengan sangat baik.

Lebih penting lagi, dalam memeberikan pujian atas pencapaiannya, sebaiknya tunjukkan kepada anak-anak bahwa segala apapun yang dilakukan dengan keberanian serta kerja kerasnya, maka anak akan mendapat hasil yang baik pula serta membanggakan bukan hanya untuk orangtuanya akan tetapi juga diri anak.

3. BERIKAN KESEMPATAN DALAM MEMUTUSKAN

Jika anak-anak kita percaya pada diri mereka sendiri, mereka akan mengambil lebih banyak risiko dalam hidup, mencapai tujuan mereka dan mencapai hal-hal besar. Perlu diketahui bahwa kepercayaan diri anak adalah dapat dikembangkan, tidak peduli situasi atau perasaan anak. Orangtua dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri anak dengan memberi anak-anak banyak kesempatan dalam memutuskan sesuatu.

4. BANTU ANAK BELAJAR MELAKUKAN SESUATU

Setiap waktu, tentu ada hal baru dapat dipelajari anak-anak. Mengasah mental anak dengan mengajari anak-anak bagaimana melakukan sesuatu, beri contoh pada awalnya, kemudian biarkan anak malakukan apa yang bisa dilakukannya, walaupun saat melakukan hal tersebut mereka membuat salah. Pujilah dengan bijak atas usaha yang dilakukannya, apalagi jika itu baru pertama dirinya belajar.

5. BIARKAN ANAK MENGATASI MASALAHNYA

Orangtua yang terlalu dilindungi dengan tidak dibiarkan mengatasi masalahnya sendiri bisa tumbuh menjadi anak cengeng. Anak cengeng adalah anak-anak kurang mandiri, karena masih banyak tergantung kepada pihak lain. Membiarkan anak mengatasi masalah yang dihadapi akan membangun mental dan psikologi anak secara tanpa disadarinya.

Mengubah anak pemalu agar berani berani. Dengan cara ini, akan membuat anak mampu berinteraksi dengan dunia sosialnya, seperti bermain dngan teman sebayanya. Hal ini memungkinkan si pemalu dapat berani tampil. Serta dapat mengatasi permasalahan yang dihadapinya dengan mandiri.

6. DORONG TOLERANSI DIRI ANAK

Keberanian bukan berarti tidak memiliki keberanian. Sebenarnya anak mampu melakukan sesuatu walupun dirinya ada rasa takut. Untuk menjadi berani, anak-anak perlu belajar mentoleransi perasaan mereka. Dorongan orangtua sangat penting, untuk mendidik anak bertoleransi terhadap dirinya. Anda tentu memahami bahwa rasa takut adalah ketika melakukan sesuatu dengan hasil yang salah.

Inilah yang menghasilkan ketakutan bagi anak-anak, rasa tidak percaya diri sendiri untuk melakukan sesuatu dikarenakan antisipasi dari kesalahan yang dibayangkan oleh mereka. Dengan cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak balita usia dini hingga dewasa, memungkinkan mereka berani mencoba bertindak.

7. DOA

Selain langkah diatas hal yang terpenting adalah doa kepada Allah SWT agar anak-anak menjadi sholeh, pemberani, pintar dan penurut. Doa orangtua tentu sangat perlu dilakukan supaya anak menjadi sesuai dengan diharapkan.

Lakukan doa agar anak jadi pemberani, dan cerdas, sesuai dengan kepercayaan Anda, karena usaha tidak akan mendapat hasil maksimal tanpa diiringi doa.

pencarian yang banyak di cari

  • cara mendidik anak secara islami
  • cara mendidik anak balita
  • cara mendidik anak 2 tahun
  • cara mendidik anak 3 tahun
  • cara mendidik anak remaja
  • cara mendidik anak 1 tahun
  • cara mendidik anak usia dini
  • mendidik anak ala rasulullah


0 Response to " CARA CERDAS MENDIDIK ANAK MENJADI PEMBERANI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel